by

Pelajari Pengelolaan Sekolah Yayasan IGM, Mahasiswa Universitas IGM Ikuti Praktik Kerja Lapangan

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang dilakukan mahasiswa Universitas Indo Global Mandiri (IGM) kali ini difokuskan di sekolah yang ada di lingkungan Yayasan Indo Global Mandiri (IGM).

Sebanyak 20 mahasiswa akan menggelar PKL di SMA LTI Indo Global Mandiri (6 orang), SMP LTI Indo Global Mandiri (7 orang) dan SD Plus Indo Global Mandiri (7 orang). Selama satu setengah bulan, mereka akan melaksanakan tugas belajar mereka yang juga merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Aji Windu Viatra M.Sn melalui Kaprodi Bahasa Inggris, Badriyah Ulfa, S.Pd, M.Pd mengatakan, mahasiswa yang mengikuti PKL ini merupakan mahasiswa semester VI.

“Selama PKL, mahasiswa mempelajari manajemen sekolah, operasional sekolah, perpustakaan, laboratorium dan administrasi sekolah. Ini merupakan langkah awal sebelum mereka benar benar terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya nanti,” kata Badriyah, Rabu (23/2/2020).

Menurutnya, dalam program MBKM ini, mahasuswa tidak hanya mendapatkan ilmu secara teoritis saja yang diberikan oleh kampus. Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk menerapkan ilmu yang mereka dapat ke sekolah sekolah yang dituju.

Kepala SMP LTI Indo Global Mandiri, Viviet Herlinawati, S.Pd mengapresiasi dengan kegiatan PKL tersebut. Sebagai kegiatan rutin setiap tahun, PKL ini memberikan dampak yang positif dan bermanfaat, selain bagi mahasiswamempraktekkan langsung ilmunya di lapangan, dan sekolah juga bisa membagikan ilmu tidak hanya dalam teknik mengajar, tetapi juga di bidang kurikululum, sarpra, humas, kesiswaan , administrasi, perpustakaan.

“Sangat efektif sekali, sangat banyak membantu mahasiswa untuk mengetahui bagaimana tugas sebagai guru secara langsung di lapangan. Banyak belajar dengan guru pamong, stakeholder dan lingkungan sekolah bagaimana memeberikan pelayanan pendidikan yang terbaik untuk siswa dan masyarakat,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed