by

Bertemu Orang Hebat dari Universitas Lain, Mahasiswa UIGM Harus Persiapkan Hal Ini Jelang Debat Nasional

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Universitas Indo Global Mandiri (IGM) dipastikan ikut serta dalam lomba debat nasional yang dipusatkan di Jakarta pada Juni – Juli mendatang.

Sejumlah persiapan dan pembekalan diberikan oleh para mentor terbaik yang dimiliki oleh Universitas IGM agar hasil yang didapat maksimal.

Dalam seminar jelang debat, calon peserta mendapatkan pengetahuan tambahan dari dosen yang memiliki jam terbang tinggi dalam hal partisipasi debat nasional. Ketua Prodi Bahasa Inggris, Badriyah Ulfah, S.Pd, M.Pd menegaskan, peserta yang nantinya ikut serta, akan berkompetisi dan bertemu dengan orang orang hebat dari seluruh Universitas di Indonesia.

“Ini kesempatan kita untuk menunjukkan jika Universitas IGM juga layak diperhitungkan di tingkat nasional,” tegasnya, Jumat (27/5/2022).

Ia mengatakan hal terpenting yang didapat peserta pasca mengikuti debat dapat mengubah pola berpikir (mindset) peserta itu sendiri. Selain itu, mereka akan memiliki kekuatan dalam berbicara di depan khalayak ramai (public speaking), karakter yang lebih kuat terbentuk serta memiliki motivasi yang kuat untuk terus mengembangkan diri.

“Banyak hal yang bisa didapat. Salah satunya menambahkan jaringan kita. Informasi dunia kerja bisa didapat jika kita bertemu dengan orang lain di debat tersebut,” katanya.

Sementara, Wakil Ketua DPRD Banyuasin Noor Ishmatuddin yang juga didapuk sebagai mentor dalam seminar tersebut membagikan sedikit tips bagi calon peserta.

Untuk dirinya pribadi, yang selalu bertemu dengan banyak orang, kekuatan public speaking sangat diperlukan. Hal ini menjadi media untuk dirinya berkomunikasi dengan rakyat.

“Tentunya komunikasi itu harus santun. Berbicara dengan lawan bicara sesuaikan dengan topik. Misal bertemu dengan petani, sesuaikan itu. Penampilan yang baik serta Gestur tubuh juga cukup mendukung untuk meyakinkan lawan bicara kita,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed