by

Kenalkan Dunia Pertelevisian, Tim Newsroom – Program IGMTV Sharing Ilmu ke Siswa Magang

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Dua siswa Sekolah Menengah Kejuruan Tunas Harapan melaksanakan Praktik Kerja Industri (Prakerin) selama tiga bulan di Media Center Indo Global Mandiri (IGM) Televisi.

Melalui tim Newsroom – Program, siswa yang merupakan jurusan Multimedia ini mendapatkan ilmu serta bekal dunia jurnalistik secara umum dan mendapatkan mentor setiap harinya untuk sharing dan belajar.

Kasi Produksi dan Publikasi IGMTV Indo Global Mandiri, Ali Alfarizi S.Si menegaskan, siswa magang tersebut dapat merasakan atmosfer kerja sebelum mereka nantinya benar benar terjun ke dunia kerja.

“Siswa bisa lebih mengenal lebih jauh mengenai proses pengambilan gambar yang baik seperti apa, komposisinya bagaimana, proses editingnya, hingga video yang dihasilkan sebelum nantinya disebarluaskan ke masyarakat,” kata Ali di sela sela memberikan pengarahan, Jumat (6/1/2023)

Ia juga menyebut, dengan jurusan yang diambil siswa tersebut, dinilai tepat mengingat media bisa menjadi alat komunikasi yang sangat efektif untuk menyebarluaskan suatu pesan atau informasi.

“Mereka diajarkan bagaimana mengedit sebuah video program, mengolah hingga akhirnya layak untuk ditayangkan ke publik. Kita berikan yang dasarnya terlebih dulu. Selanjutnya, mereka bisa lebih memperdalam ilmu di bangku perkuliahan atau belajar sendiri dari internet di rumah,” kata Ali.

Selain itu, siswa ini juga harus mengetahui kelengkapan yang dibutuhkan agar sebuah program ataupun pemberitaan tersebut sebelum ditayangkan. “Siswa bisa melihat langsung sistemnya. Bahkan mereka juga bisa mempraktekkan langsung cara kerja, operasional tv, serta jaringan dan antena jangkau siaran yang dibutuhkan,” kata dia. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed