by

Asah Kemampuan Seni Mahasiswa Bersama Prodi Desain Komunikasi Visual Universitas Indo Global Mandiri

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Menjadi satu satunya Program Studi (Prodi) di Sumatera Selatan, Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Indo Global Mandiri (IGM) memberikan kesempatan bagi anak muda Sumatera Selatan untuk mengasah kemampuannya di bidang seni dan siap terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.

Tidak sampai disitu, setiap alumni prodi tersebut pun, tanpa ragu untuk membantu adik tingkatnya untuk mengasah kemampuan dalam berbagai hal terutama terkait DKV tersebut.

Hal tersebut disampaikan Dekan FIPB, Aji Windu Viatra , S.Sn, M.Sn. Ia menegaskan, jika Prodi DKV Universitas IGM siap membantu calon mahasiswa dan mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas serta bakat mereka dalam bidang seni, baik itu dalam bentuk visual, fisik maupun video.

“Apalagi saat ini, perkembangan teknologi sangat menunjang untuk kemampuan mereka,” kata Aji saat dibincangi IGMTVnews.com, Kamis (18/8/2022).

Ia mengatakan jika DVK adalah cabang ilmu desain yang mempelajari konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media dengan memanfaatkan elemen-elemen visual ataupun rupa untuk menyampaikan pesan untuk tujuan tertentu (tujuan informasi ataupun tujuan persuasi yaitu mempengaruhi perilaku).

“Yang menarik dari sini adalah seorang sarjana DKV harus bisa mengolah pesan tersebut secara efektif, informatif dan komunikatif,” tegasnya.

Banyak hal-hal mendasar yang dipelajari di program studi DKV. Menurutnya, mulai dari mengembangkan bentuk bahasa visual (bermain gambar), mengolah pesan (bermain kata) keduanya untuk tujuan sosial maupun komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada kelompok lainnya. Visual berwujud kreatif dan inovatif, sementara inti pesan harus komunikatif, efisien dan efektif saling mendukung agar tersampaikan dengan baik pada sasaran.

“Cakupan pekerjaan desain komunikasi sangat luas, antara lain: mulai dari label produk / makanan, desain logo yang mencitrakan sebuah lembaga / perusahaan (branding), paket promosi dan kampanye sebuah program, hingga membuat iklan di media massa, dan masih banyak lain,” paparnya.

Untuk mahasiswa Prodi DKV saat ini, Aji menilai jika sangat berpotensi untuk mengambil tempat di segala lini pekerjaan. “Prospek kerjanya sangat baik dan terbuka, kami tunggu calon mahasiswa untuk bergabung di Universitas Indo Global Mandiri,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed