by

Kumpulan Gurindam Kalbu : Dua Guru SMA LTI IGM Masuk dalam Ribuan Penulis Se-Asean

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Dua guru SMA LTI Indo Global Mandiri (IGM), Nyayu Rodiah, S.Pd dan H Hadi Wijaya, S.Pd masuk dalam jajaran penulis buku kumpulan Gurindam 12 Kalbu se-Asean.

Setidaknya ada lima ribu penulis yang ikut serta dalam garapan epik ini. Dengan latar belakang guru Bahasa Indonesia, dan juga sastrawan budaya yang ada di nusantara, bahkan memecahkan rekor muri.

Kepala SMA LTI IGM, H Hadi Wijaya, S.Pd mengaku bersyukur jika dirinya dan sekolah dapat terlibat dalam komunitas ini sejak awal adanya kepenulisan pantun, Puisi untuk Negeri, bahkan gurindam.

“Terpilihlah saya H. Hadi Wijaya, S.Pd. mengikuti jejak senior Nyayu Rodiah, S.Pd. yang juga merupakan guru SMA LTI IGM,” katanya kepada IGMTVnews.com, Senin (12/9/2022).

Menurutnya, dengan buku fisik yang siap didistribusikan ke masyarakat Indonesia bahkan tingkat internasional, tentulah membuat hati bahagia dan berbangga karena banyak ilmu dan manfaat yang bisa didapat bersama orang-orang hebat yang selalu berkomitmen menjaga dan melestarikan budaya bangsa lewat tulisan-tulisan yang penuh makna.

“Semoga isi, ilmu yang dipelajari, serta semangat menjaga budaya sastra dapat ditularkan kepada para siswa yang akan menjadi penerus bangsa di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Untuk diketahui, salah satu bentuk karya sastra lama bidang puisi Indonesia adalah gurindam. Dibandingkan dengan pantun, gurindam kurang dikenal luas. Padahal sebagai sebuah warisan budaya, banyak nilai yang dapat didapat dari Gurindam. Kamus Besar Bahasa Indonesia (2018) menjelaskan bahwa gurindam adalah sajak dua baris yang berisi petuah atau nasihat. Gurindam berasal dari Bahasa Sanskerta, karindam, yang berarti perumpamaan. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed