by

Praktik Sidang Pembentukan Perda, Mahasiswa Prodi IP UIGM Ajak Rasakan Atmosfer Jadi Legislatif

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Program Studi Ilmu Pemerintahan (IP) Universitas Indo Global Mandiri (IGM) melaksanakan praktik sidang pembentukan rancangan peraturan daerah.

Mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut akan diajak merasakan bagaimana cara, metode dan suasana layaknya di legislatif.

Dosen Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas IGM, M. Quranul Karim, S.IP.,M.Si mengatakan, praktik sidang ini merupakan agenda rutin sejak tahun 2019 yang merupakan satu-satunya di Model Praktikum yang dilakukan Prodi Ilmu Pemerintahan di Sumatera Selatan, dengan sistem Sidang Pembahasan Tingkat 1 (Sidang Komisi) & Sidang Pembahasan Tingkat 2 (Sidang Paripurna)

Ia mengatakan, jika kegiatan ini wajib diikuti seluruh mahasiswa yang mengambil Mata Kuliah Proses Legislatif. “Kegiatan ini sangat mendukung Capaian Profil Lulusan Prodi Ilmu Pemerintahan yaitu menjadi Pelaku Politik di Institusi Legislatif,” katanya kepada IGMTVnews.com, Senin (24/10/2022).

Selama proses persidangan, lanjutnya, mahasiswa akan membahas tentang rancangan perda tentang Transportasi Umum, bagaimana para peserta sidang memberikan gagasan dan pemikiran untuk dapat merumuskan kebijakan pemerintahn di transportasi yg murah, mudah, dan terintegrasi, serta menciptakan kesadaran masyarakat untuk menggunakan transportasi umum.

Uniknya, selama dalam persidangan tersebut, sewaktu penyampaian pandangan umum fraksi, terdapat pimpinan fraÄ·si partai politik yang dapat benar benar menyampaikan masalah dalam publik dengan sangat baik di dalam persidangan, semua peserta sidang terhanyut dalam penyampaian pidato mahasiswa yang bersangkutan.

“Hal tersebut menjadi potensi yang luar biasa , karena seharusnya seperti itulah amanat rakyat dapat disampaikan, dengan hati yang tulus dalam forum persidangan,” paparnya.

Menurut Karim, kegiatan ini merupakan usulan dari sejumlah alumni yang menjadi anggota DPRD. Kemampuan menjalankan persidangan sangat diperlukan, untuk dapat menjalankan fungsi legislatif dan menyampaikan amanat rakyat dengan baik dan sistematis. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed