by

Transformasi Digital Melalui Penerapan SPBE, UIGM – Pemprov Sumsel Siap Hadapi Era Society 5.0

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Himpunan Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi (HMSI) Universitas Indo Global Mandiri menggagas seminar nasional bertajuk “Kuasai Digital Skills; Siap Bersaing di Era Society 5.0, Selasa (29/11/2022).

Seminar ini merupakan rangkaian kegiatan Information System Creative Festival I (Insert Fest).

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Sumsel H Achmad Rizwan SSTP, MM didapuk menjadi narasumber dalam semianr tersebut.

Dalam paparannya, Rizwan mengulas mengenai transformasi digital di pemerintahan dilakukan melalui penerapan SPBE sebagaimana tercantum dalam Perpres NO. 95 Tahun 2018 tentang SPBE yang bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif,transparan, dan akuntabel serta meningkatkan efisiensi dan keterpaduan penyelenggaraan SPBE.

“Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel memiliki Data Center sebagai media penyimpanan data dan komponen terkait, yang berfungsi untuk mendukung aplikasi berbasis internet dan intranet di Prov Sumsel,” ujar Rizwan mewakili Gubernur Sumsel Herman Deru.

Di SPBE, saat ini terdapat aplikasi umum yang ditetapkan Menpan-RB yaitu Sistem Pengadaan Secara Elektronik(SPSE), SP4NLapor dan Srikandi. Sedangkan aplikasi khusus terdapat SIMATA dan SONGKET. Tahun 2021, Hasil Evaluasi SPBE Pemprov Sumsel dengan Indeks SPBE Nilai 2,62 Predikat BAIK. Sedangkan Nilai Maturity Keamanan 3,95 (Level 4)

Sementara Dekan Fasilkom Universitas IGM Rudi Heriansyah, S.T., M.Eng., Ph.D, menambahkan, dengan seminar ini mahasiswa akan lebih siap menghadapi era baru. “Kita tahu jika teknologi digital sangat penting saat ini. Terutama pada saat pademi lalu. Hampir seluruh sektor tidak bisa berbuat banyak. Keberadaan teknologi inilah yang membantu manusia untuk beraktivitas,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed