by

Universitas Indo Global Mandiri – IAI Jalin MoU – MoA Pengembangan Profesi Arsitek

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Universitas Indo Global Mandiri (IGM) melakukan penandatanganan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Sumsel sekaligus pembukaan South Sumatera Architecture Festival (SSAF) 2023, Jum’at (27/1/2023).

MoU itu terkait dengan tenaga pengajar profesi arsitek, dan program pendidikan profesi arsitek (PPA) dilakukan langsung oleh Rektor Universitas IGM, Dr H Marzuki Alie bersama Ketua IAI Sumsel Ar. Ahmad Ardani serta Anggota Majelis Kehormatan IAI Nasional Ir Zuber Angkasa dan Ketua Umum IAI Georgius Budiyulianto.

Sejumlah poin penting tertuang dalam MoU dan MoA, berupa pembangunan sumber daya manusia (SDM), program pengembangan pendidikan dan lainnya.

Anggota Majelis Kehormatan IAI Nasional Ir Zuber Angkasa mengatakan pihaknya akan terus mendorong agar praktik profesi arsitek semakin berkembang, dan diakui.

“Dengan adanya kerjasama ini, kami yakin dapat mempercepat proses lulusan sarjana arsitek menjadi profesional. Siapapun itu baik lulusan arsitek Unsri maupun universitas lain dapat melanjutkan ke PPA,” jelasnya.

Ketua IAI Sumsel Ar. Ahmad Ardani, M.T., IAI., mengatakan setiap sarjana yang baru lulus dari universitas atau perguruan tinggi wajib untuk ikut mengambil sertifikasi arsitektur (STRA = surat tanda registrasi arsitek).

“Bagi mahasiswa arsitektur yang baru lulus harus ambil kuliah profesi selama satu tahun dan magang dua tahun untuk mendapat lisensi”, ujarnya.

Untuk diketahui, Anggota IAI sekarang berjumlah 23.519 orang yang tersebar di seluruh Indonesia dan akan bertambah terus dan IAI didirikan secara resmi pada tanggal 17 September 1959 di Bandung kini di usianya telah menginjak yang ke-63 tahun. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed