by

Aksi Bergizi dan Cegah Stunting SMP -SMA LTI IGM – Puskesmas Punti Kayu Palembang

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– SMP – SMA LTI Indo Global Mandiri bersama Pemerintah Kota Palembang melalui Puskesmas Punti Kayu menggelar aksi bergizi, Selasa (14/3/2023).

Kegiatan ini, merupakan inisasi dari Kementerian Kesehatan bersama Dinas Kesehatan di daerah dengan menggelar gerakan nasional Aksi Bergizi guna menekan kasus stunting khususnya bagi pelajar putri di seluruh Indonesia.

Pembina UKS SMP LTI IGM, Siti Ustadzah Darojatul Ula, S.Pd mengatakan, aksi ini merupakan arahan dari Kemenkes RI dalam rangka upaya pencegahan stunting melalui penyiapan generasi remaja putri yang sehat, yang ke depannya mereka diharapkan melahirkan generasi-generasi yang sehat pula.

“Stunting terjadi karena indikasi kurang gizi. Banyak makan belum tentu bergizi. Makanan yang bergizi memberikan dampak 70 – 80% dari tubuh. Baik itu tinggi badan, kecerdasan, kecekatan, dan lainnya,” kata dia kepada IGMTVnews.com.

Menurutnya, penerapan pencegahan ini diawali dengan memberikan pemahaman ke siswa pada saat pembinaan pagi. Melakukan pengecekan makanan apa yang dibawa oleh siswa tersebut. “Jika kurang cakupan gizi yang dibawa, dapat disampaikan ke ortu siswa tersebut,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, juga digelar, kegiatan senam bersama, edukasi cuci tangan yang benar dengan sabun, sadar herbal adalah obat, cegah anemia bersama aplikasi Ceria, makan makanan bergizi bersama, dan edukasi “isi piringku” dari dinas kesehatan kota Palembang. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed