by

Lima Dukungan Kemendikbud untuk Membantu Memahami Kurikulum Merdeka, Wajib Buat Guru!

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Dengan demikian, guru akan dimudahkan untuk memilih perangkat ajar apa yang akan digunakan demi mendukung pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.

Namun, masih banyak guru yang belum terbiasa dengan kemajuan teknologi. Sehingga, butuh waktu lagi untuk melakukan penyesuaian kurikulum yang telah diterapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud).

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Kemendikbud telah memberikan lima jenis dukungan yang bisa dimanfaatkan oleh guru dalam memahami kurikulum merdeka. Berikut ini 5 Dukungan Kurikulum Merdeka dilansir dari akun @ditjen.gtk.kemdikbud.

  1. Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar hadir menjadi salah satu sumber belajar dan informasi untuk dapat membantu memahami Implementasi Kurikulum Merdeka Mulai dari beragam topik pelatihan bisa diakses secara mandiri kapanpun dan di manapun. Dokumen penting terkait Kurikulum Merdeka, hingga berbagai referensi Perangkat Ajar serta sumber belajar lainnya tersedia di sini.

2. Dukungan Komunitas Belajar

Dalam perjalanan implementasi Kurikulum Merdeka, guru tidak sendirian. Semua hal bisa didiskusikan dan belajar bersama-sama rekan sejawat dalam komunitas belajar, baik itu komunitas belajar dalam sekolah maupun antar sekolah bahkan antar daerah.

Dari komunitas belajar guru bisa bersama-sama mencari solusi terkait kegiatan belajar mengajar, berbagi praktik baik dan inspirasi.

3.Dukungan Narasumber Berbagi Praktik Baik

Untuk memperoleh inspirasi tentang penerapan implementasi Kurikulum Merdeka, kepala satuan pendidikan atau penggerak komunitas dapat mengundang narasumber untuk berbagi praktik baik di komunitas belajar maupun ke satuan pendidikan. Informasi tentang Narasumber Berbagi Praktik baik tersedia di Platform Merdeka Mengajar

4.Seri Webinar

Jika dalam prosesnya merasa masih memerlukan tambahan informasi mengenai implementasi Kurikulum Merdeka, kita juga dapat mengikuti Seri Webinar yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek. Beberapa seri webinar ini pun juga dapat diakses di Platform Merdeka Mengajar.

5.Mitra Pembangunan

Kemendikbudristek juga mengajak masyarakat sebagai Mitra Pembangunan yang berasal dari lembaga, organisasi, dunia usaha, dan dunia industri yang secara mandiri dapat mendukung satuan pendidikan dalam implernentasi Kurikulum Merdeka.

6.Dukungan Pusat Layanan Bantuan (Helpdesk)

Kemendikbudristek juga menyediakan Pusat Layanan Bantuan (Helpdesk) untuk membantu satuan pendidikan atau pihak lainnya yang membutuhkan informasi tentang irnplementasi Kurikulum Merdeka. Lebih lanjut pusat layanan dapat diakses melalui nomor WhatsApp 081281435091.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed