by

Pelatihan Pembuatan Donat Jadi Strategi Pengembangan Usaha LPP PEKKA di Tengah Pandemi COVID-19

IGMTVnews.com, PALEMBANG — Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Perempuan Kepala Keluarga (LPP-PEKKA) Masjid Agung Palembang terus memberikan kemampuan berniaga kepada seluruh anggotanya untuk peningkatan perekonomian bagi keluarga mereka.

Salah satunya dengan memfasilitasi pelatihan pembuatan donat bagi anggota LPP PEKKA sebagai bentuk kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri (IGM) terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah.

Ketua Umum LPP-Pekka YMA Palembang Doly Nofiansyah, SE, M.Si mengatakan, kegiatan ini merupakan sumbangsih STEBIS IGM kepada PEKKA Masjid Agung. “Kita ajarkan pelatihan perencanaan dan pengembangan agar maksimal untuk memulai usaha,” katanya kepada IGMTVnews.com.

Ia menjelaskan jika, persaingan bisnis di masa pandemi mendorong UMKM untuk merubah kebiasaan bisnis sembari memanfaatkan peluang. UMKM dituntut beradaptasi di tengah wabah pandemi dunia saat ini. Menurutnya, kunci untuk pengembangan usaha UMKM adalah kreatifitas.

“Kita memillih donat karena adonan donat khusus bahan utama mudah diperoleh dan dijangkau harganya. Pembuatannya sederhana dan praktis serta mudah dijual,” ujarnya.

Dengan kegiatan pelatihan ini, ia mengaku jika seluruh anggota LPP PEKKA sangat antusias mengikutinya dan mereka segera mencoba dan bahkan yang sudah pernah jualan donat akan memperbaiki sisi kualitasnya.

Dengan program tersebut, ia berharap LPP PEKKA dapat lebih mengembangkan program pelatihan yg tepat guna dan berhasil guna yaitu pembuatan kue kering, pembuatan pudding, pembuatan minuman siap saji dan lain.

“Ini juga memperingati hari Ibu Nasional yang diikuti 25 Kader Binaan Pekka YMA mengikuti Pelatihan Pembuatan Donat dari Bogasari Baking Center dan Himpunan Alumni IPB, dengan penerapan Protokol Kesehatan ketat (3M) dan peserta dibatasi.Tentu saja harapan kami kegiatan ini bukan seremonial semata tapi berkelanjutan, berdaya dan berhasil guna serta melahirkan pelaku UKM baru dari Kader PEKKA,” pungkasnya.

Selain STEBIS IGM, kegiatan ini juga digagas oleh Bogasari Baking Center dan Himpunan Alumni IPB Sumsel serta Dosen Ekonomi Syariah STEBIS IGM, Mustikawati, SE, M.Si. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed