by

Instagram GIS COVID Palembang, Monitoring Situasi dan Penangangan COVID-19 secara Aktual

IGMTVnews.com, PALEMBANGUniversitas Indo Global Mandiri (UIGM) terus berkolaborasi bersama sejumlah pihak untuk menekan angka sebaran COVID-19 di Palembang.

Berkolaborasi dengan Bappeda Litbang Palembang, ESRI Indonesia serta UNITEN, lembaga – lembaga ini terus melakukan monitoring perkembangan terkini sebaran COVID-19 melalui berbagai platform.

“Menggunakan media instagram di @giscovidplm dan laman resmi mereka di portal  giscovid19-uigm-gis.hub.arcgis.com kita terus melakukan pemantauan dan update setiap harinya terkait masyarakat yang terkonfirmasi COVID-19,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) Dr.Sumi Amariena Hamim, ST.,M.T., IPM., ASEAN Eng dalam pesan singkat Whatsappnya, Minggu (14/1/2021).

Ia menjelaskan jika, Sistem GIS secara mekanis dapat langsung memisahkan data-data berdasarkan tema, dan jenis informasi yang sudah dimasukan dari laporan masyarakat, atau tercatat lewat pendataan aktivitas kegiatan posko COVID-19 tiap hari.

“Dengan sendirinya data terpisah berdasarkan jenis, apakah itu data bantuan atau laporan masyarakat mengenai informasi ODP, PDP, pasien positif, hingga beberapa upaya ekonomi sosial,” katanya.

Sedangkan untuk pengisian data dapat dilakukan oleh siapa saja dengan cara melaporkan hasil survei distribusi bantuan sosial dan ekonomi, yang hanya diisi langsung melalui petugas posko atau orang yang mendistribusikan bantuan.

“Keunggulannya juga dapat terlaporkan secara real time. Ketika petugas atau masyarakat mengisi data, kami menyaring dan menampilkannya di situs. Sistem ini juga mendukung kinerja penyaluran bantuan by name by address,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed