by

Kegiatan Matching Found – Scale Up BUMDES 2021, UIGM Kembangkan Website dan Sistem Informasi Simpan Pinjam Desa Barlian Makmur

IGMTVnews.com, KAYUAGUNG — Fakultas Ilmu Komputer Program Studi Sistem Informatika Universitas Indo Global Mandiri (IGM) menggelar kegiatan Kegiatan Matching Found – Scale Up BUMDES 2021 di BUMNDes Makmur Bersama, Desa Barlian Makmur Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Tim UIGM yang terdiri dari, K.Ghazali S.Kom, M.Kom; Irawan Darma Masry; Richard Gurning; Herfandi Pratama menghadirkan narasumber berkompeten di bidangnya. Kedua narasumber tersebut yakni Ari Saputra, S.Kom sebagai nara sumber Untuk Teknologi Informasi dan Kemas Ayub, S.Kom Sebagai nara sumber untuk Sistem Simpan Pinjam.

Ketua Tim UIGM, K Ghazali, S.Kom mengatakan, kegiatan Matching Found – Scale Up BUMDES 2021 ini diadakan oleh pemerintah yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti).

Menurutnya, Kedaireka hadir untuk menggandeng tangan teman-teman di Bumdes yang mungkin bisa dioptimalkan lebih lanjut dan kolaborasi dengan perguruan tinggi yang memiliki ide, pemikiran, riset dan pengembangan serta sumber daya manusia.

“Kedaireka hadir sebagai mata rantai untuk menghubungkan antara hulu dan hilir, menghubungkan antara masyarakat dan kampus, Bumdes dan kampus, menghubungkan dengan mahasiswa dan sebaliknya,” jelasnya.

Untuk program kali ini, UIGM memberikan pengembangan website dan sistem informasi simpan pinjam yang merupakan salah satu bentuk usaha yang dijalankan oleh bumdes tersebut. “Melalui nara sumber, kita gandeng masyarakat setempat untuk mengaplikasikan laman daring tersebut, terutama terkait informasi desa,” kata dia.

Ia menegaskan, kedatangan tim UIGM sendiri, mendapatkan sambutan positif dari masyarakat setempat. Terlebih saat memberikan masukan kepada masyarakat terkait pentingnya teknologi informasi.

“Kita bantu dan ajarkan bagaimana cara mereka mengunggah (upload) data dan menjalankan sistem informasi simpan pinjam tersebut,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed