by

Dewan Pengarah BRIN Minta Dosen Lakukan Riset dan Inovasi yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara

IGMTVnews.com, PALEMBANG —- Webinar Peranan Generasi muda dalam Riset dan Inovasi yang digagas oleh Universitas Indo Global Mandiri, Kamis (9/12/2021) berjalan penuh dengan motivasi.

Anggota Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof Dr Ir Marsudi Wahyu Kisworo, IPU menegaskan, jika peranan akademisi baik di dalam maupun luar negeri harus benar benar menerapkan ilmunya demi kepentingan bangsa dan negara ini.

Menurutnya, keberadaan BRIN di bentuk untuk meningkatkan kualitas hidup manusia, meningkatkan kesejahteraan rakyat, meningkatkan kemandirian, memajukan daya saing bangsa, memajukan peradaban manusia, menjaga kelestarian alam, melindungi dan melestarikan seluruh wilayah NKRI, dan menjadi dasar dalam perumusan kebijakan dan menjadi solusi masalah pembangunan.

“Selama ini badan riset selalu terpencar. Mereka berjalan sendiri – sendiri. Dengan BRIN semuanya menjadi satu pintu. Lebih terkoordinir dengan tugas yang diberikan. BRIN sendiri menaungi beberapa lembaga riset milik pemerintah antara lain LAPAN, LIPI dan juga Batan,” katanya di hadapan mahasiswa dan dosen UIGM.

Ia berharap, dosen dosen di UIGM dapat fokus dengan penelitiannya dengan inovasi yang berguna bagi rakyat. Menurutnya, raihan jurnal yang bisa masuk ke dalam index scopus merupakan hadiah. “Yang terpenting, ilmunya itu yang dapat diterapkan untuk kepentingan rakyat banyak. Dosen juga bisa bergabung dengan BRIN, begitu pula sebaliknya, peneliti bukan tidak mungkin bisa juga masuk ke perguruan tinggi,” paparnya.

Menurutnya, saat ini Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya mineral. Sayangnya, perekonomian masyarakat justru masih jauh dari sejahtera. Ini menjadi pekerjaan rumah yang serius yang harus dituntaskan.

“Visi Indonesia 2045, harus menjadi negara maju. Kita hentikan impor beras dari Vietnam, impor garam dari Australia. Jangan sampai kita impor listrik dari Singapura. Inovasi dan kreativitas dari generasi muda inilah yang kita harapkan untuk mengubah pola pikir ini. Perbanyak riset dan penelitian yang ditopang dengan inovasi – inovasi yang bermanfaat bagi orang banyak,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed