by

Workshop Digital Imaging Photography, Ajak Mahasiswa Selalu Berpikir Kreatif

IGMTVnews.com, PALEMBANG —- Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indo Global Mandiri (IGM) menggelar Workshop Digital Imaging Photography, Rabu (8/12/2021).

Digelar dengan dua metode, luring dan daring, yang dipusatkan di Aula Lantai III Kampus Sudirman, mahasiswa diajak untuk mengolah dan mempelajari teknik fotografi dan digital imaging menggunakan sofware adobe photoshop.

Narasumber workshop, Dekan Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya UIGM, Aji Windu Viatra, S.Sn, M.Sn menyebut jika foto itu memiliki jiwa.

“Ada selalu cara untuk berpikir kreatif. Perbanyak piknik dan jalan-jalan. Ini bisa menjadi sumber inspirasi untuk kita mengembangkan ide dan imajinasi kita memikiran sesuatu untuk dituangkan ke dalam grafis,” katanya di hadapan mahasiswa.

Menurut Dosen Desain Komunikasi Visual ini pun menjelaskan jika foto merupakan suatu proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka terhadap cahaya.

“Untuk menangkapnya tidak perlu menggunakan alat yang mahal. Yang penting berkualitas. Saat ini telepon seluluer juga telah memiliki fitur kamera yang cukup mendukung,” paparnya.

Sedangkan proses digital imaging merupakan pencitraan digital dengan proses kreasi dan pengelolahan. Untuk teknik pun, lanjutnya, ditentukan dengan kreatifitas masing masing berdasarkan pengembangannya di lapangan. “Manfaat fotografi sangat banyak, antara lain, senirupa, industri periklanan dan dokumentasi foto,” tegasnya.

Ia berharap, dengan workshop ini dapat menambah wawasan mahasiswa untuk terus meningkatkan kemampuannya dalam fotografi dan teknik editing foto.

“Di era saat ini, sudah banyak aplikasi pendukung foto. Sangat mudah mencarinya. Intinnya, mahasiswa harus perbanyak hunting, cari sesuatu yang menarik, simpan fotonya sebagai stok. Kata kuncinya, selalu berpikir kreatif,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed