by

Usung Konsep Helo Sumsel Mapan, SD Plus IGM Masuk Top 10 Program Inovasi Pelayanan Publik Palembang

IGMTVnews.com, PALEMBANG —- SD Plus Indo Global Mandiri (IGM) kembali menorehkan prestasi di kancah provinsi.

Dalam kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Bidang Pendidikan di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Palembang Tahun 2021, SD Plus IGM masuk dalam Top 10 Inovasi Pelayanan Publik tingkat Palembang.

Kompetisi yang digagas Dinas Pendidikan Kota Palembang ini ingin mendorong kompetisi positif antar penyelenggara pelayanan publik khususnya di sekolah TK/SD/SMP Kota Palembang dalam meningkatkan kualitas pelayanan Pendidikan secara umum dan pembangunan guna kesejahteraan rakyat.

Dalam kompetisi tersebut, SD Plus IGM mengusung judul inovasi Helo Sumsel Mapan. Kepala SD Plus IGM, Mardiah, S.Pd, M.pd, SD mengatakan, inovasi ini merupakan, akronim dari Hybrid Learning sebagai Solusi Pembelajaran Selama Masa Pandemi .

Menurutnya, metode ini telah diimplentasikan sebagai salah satu metode pembelajaran yang diterapkan di SD Plus IGM Palembang semenjak PTM terbatas diberlakukan pada awal september lalu. Dalam inovasi yang diusung ini, lanjutnya, peserta didik dapat mengikuti pembelajaran baik yang berada di sekolah (PTMT) dan yang ada di rumah (PJJ) secara bersamaan dalam satu waktu memalui dengan bantuan aplikasi virtual meeting yang dilangsungkan dengan sistem shift untuk pembagian peserta didik untuk PTMT dan peserta didik untuk PJJ secara bergantian.

“Sehingga guru dapat melakukan komunikasi secara langsung terhadap siswa yang ada di kelas maupun yang ada di rumah yang diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik,” katanya kepada IGMTVnews.com, Rabu (8/12/2021).

Ia menjelaskan, keberhasilan ini didapat berkat kerjasama semua tim SD Plus IGM, dua inovator yaitu Dara Hapsari, S.Pd dan Agus Salim, S.Pd serta didukung penuh Wakil Kepala SD Plus IGM.

Mardiah menegaskan, jika inovasi ini dapat direplikasi oleh satuan pendidikan lainnya, sehingga memberikan manfaat yaitu salah satu solusi pembelajaran saat masa pandemi covid-19 serta sebagai salah satu upaya mendukung tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) poin keempat yaitu pendidikan bermutu.

“Agar terus berkualitas, metode pembelajaran ini tentunya akan dikembangkan lagi diantaranya dengan mengintegrasikan dengan media pembelajaran yang lebih menarik seperti penyediaan e-book interaktif,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Bidang Pendidikan di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Palembang Tahun 2021 ini merupakan, terobosan jenis pelayanan publik, baik yang merupakan gagasan/ide kreatif orisinal dan/atau adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan kata lain inovasi pelayanan publik sendiri tidak mengharuskan suatu penemuan baru, melainkan dapat berupa inovaspelayanan publik hasil dari modifikasi maupun peningkatan kualitas pada inovasi pelayanan publik yang ada. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed