by

Varian Omicron Masuk Indonesia, Dinkes Sumsel : Disiplin Prokes Jangan Lengah !

IGMTVnews.com, PALEMBANG —- Covid-19 varian Omicron telah terdeteksi masuk ke Indonesia dan diumumkan langsung oleh Meteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada Rabu (15/12/2021).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Selatan Lesty Nuraini mengatakan, untuk mengantisipasi penularan varian Omicron tersebut warga diminta agar tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan (Prokes).

Selain itu, pemerintah Kabupaten kota pun sampai saat ini tetap rutin menjalankan Testing, Tracing, Treatment (3) sebagai langkah awal mendeteksi virus Covid-19 varian baru.

“Pemerintah baik Pemprov/ Kabupaten kota tetap menjalankan 3 T. Masyrakat harus tetap disiplon prokes baik di rumah, kantor, pasar tempat wisata maupun lintas sektor,” kata Lesty, Jumat (17/12/2021).

Lesty mengungkapkan, pemerintah Provinsi Sumatera Selatan juga telah menyiapkan skema baru dengan membuat surat edaran Gubernur dalam penanganan setiap varian baru Covid-19 termasuk Omicron. Namun, aturan itu nantinya akan lebih dulu dikaji sebelum diterapkan.

“Sumsel sampai sekarang masih aktif mengirimkan sampel untuk dlakukan pemeriksaan terhadap varian-varian virrus baru, agar bisa dideteksi lebih awal,” ujarnya.

Selain itu, Lesty pun mengimbau agar seluruh lokasi maupun sarana publik agar tetap bisa menerapkan protokol kesehatan. Hal tersebut untuk mencegah penularan varian baru Covid-19.

“Program vaksinasi sekarang juga masih berjalan untuk membentuk kekebalan komunal masyrakat. Warga juga kita imbau kurangi mobilisasi terlebih lagi saat nataru,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed