by

Guru Hebat Bangsa Kuat ; Buku Antologi Praktik Pembelajaran Selama Pandemi Milik SMA LTI Indo Global Mandiri

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Terobosan anyar dilakukan jajaran guru SMA LTI Indo Global Mandiri (IGM).

Hantaman Pandemi COVID-19 varian Omicron tidak menyurutkan semangat pahlawan tanpa tanda jasa ini untuk terus memberikan pendidikan yang terbaik bagi para siswa.

Sebuah buku “Guru Hebat Bangsa Kuat” menjadi bukti produktivitas 30 guru SMA LTI IGM tetap semangat menuangkan ide dan kreativitasnya dalam sebuah buku yang praktik baik pembelajaran selama pandemi.

Terbitnya buku ini menyusul terpilihnya salah satu guru SMA LTI IGM, Nyayu Rodiah, S.Pd dalam Seleksi Pemilihan Guru Motivator Literasi, Tingkat Nasional 2021, yang kemudian membawa segenap warga SMA LTI IGM Palembang menghasilkan buku tersebut.

Untuk diketahui, program Guru Motivator Literasi menjadi salah satu upaya untuk melahirkan guru-guru yang akan menjadi role model, menggerakan, dan mengontrol proses keberjalanan, agar setiap kegiatan literasi menjadi solusi konkret dalam menunjang visi pendidikan Indonesia, dengan mewujudkan setiap sekolah menjadi Sekolah Literasi Nasional.

Sebelum lahirnya buku antologi ini, ada beberapa proses yang harus dilaksanakan oleh guru motivator, yaitu Wisata Literasi Kepala Sekolah (WLK), Wisata Literasi Guru (WLG),dan Wisata Literasi Siswa (WLS).
Kegiatan ini dilaksanakan untuk memotivasi guru-guru agar semangat dalam berkarya, dan memiliki komitmen mengembangkan program literasi di SMA LTI IGM.

Kepala  SMA LTI IGM, H Hadi Wijaya, S.Pd mengapresiasi atas kinerja dan prestasi yang dilakukan oleh jajaranya.

Keberadaan buku ini, diakuinya dapat dapat memotivasi guru dan siswa SMA LTI IGM dalam berkarya. Ini terbukti dengan hasil tulisan berupa pengalaman guru-guru melaksanakan pembelajaran di masa pandemi, berbagai strategi dan inovasi dilakukan demi menjadi penyemangat siswa dalam belajar.

”Dengan lahirnya buku Guru Hebat Bangsa Kuat ini turut meramaikan khasanah ilmu dan pendidikan, belajar dan berkarya sepanjang hayat,” kata Hadi.

Menurut Hadi, guru seyogyanya menjadi penggerak melahirkan ekosistem sekolah yang berkualitas dengan meningkatkan literasi baca tulis warga sekolah. “Semoga karya guru-guru SMA LTI IGM ini dapat meningkatkan dan memajukan literasi  di Indonesia,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed