by

Program Magang Prodi Ilmu Pemerintahan, Mahasiswa Universitas IGM Tersebar di 14 Lokasi di Indonesia

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Indo Global Mandiri (IGM) menjamin, jika setiap mahasiswa yang menempuh pendidikan di kampus terbaik di Sumsel ini dapat langsung merasakan atmosfer nyata sebelum mereka benar benar terjun ke dunia kerja dengan melaksanakan program magang.

Pada 2022-2023 ini, Prodi Ilmu Pemerintah Universitas IGM menyebar setidaknya 53 mahasiswa magang di sejumlah lokasi di Indonesia.

Dosen Ilmu Pemerintahan/Koordinator Magang 2022-2023, Dwiki Adi Putra, S.A.P., M.Si mengatakan, program magang ini wajib dilaksanakan oleh mahasiswa semester 7 di instansi/lembaga pemerintah sesuai dengan objek kajian dari program studi ilmu pemerintahan itu sendiri.

Ia mengatakan, hasil luaran dari magang di instansi/lembaga pemerintah ini mahasiswa dapat memiliki softskill seperti kemampuan berkomunikasi, mudah beradaptasi, handal dalam mengatur waktu, memiliki perilaku baik dalam berorganisasi, memiliki etos kerja, berpikir kritis dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

Sedangkan untuk hardskill, seperti kemampuan dalam melakukan pemetaan masalah dan potensi masyarakat, mampu menyusun perencanaan program berbasis kebutuhan/kepentingan masyarakat, mampu mengaplikasikan IPTEKS yang relevan dalam pengembangan bidang pemerintahan seperti E-Government, kemampuan dan keterampilan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui sistem dan prosedur baku, serta kemampuan berdiplomasi dalam sebuah proyek/program pemerintah.

“Peserta magang diwajibkan bekerja pada unit unit yang sesuai dengan peminatannya. Selama magang peserta akan menerima dan melaksanakan tugas dan pekerjaan yang diberikan oleh pimpinan/pembimbing lapangan,” katanya.

Ia menambahkan, aktivitas ini mahasiswa juga dapat merintis bagi kepentingan aktivitas penelitian tugas akhir/skipsi serta sarana untuk merintis jaringan ke dunia kerja. Meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan mahasiswa sesuai ddengan bidang ilmunya serta Pengabdian kepada masyarakat. (andhiko tungga alam)

Berikut Rincian Titik Kegiatan Program magang dan KKN mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan Tahun Ajaran 2022/2023

  1. DPR RI : 1 orang
  2. DPRD Deli Serdang : 1 orang
  3. DPRD Kota Palembang : 6 orang
  4. Sekretariat Daerah Provinsi Sumsel : 2 orang
  5. KPUD Prov Sumsel : 5 orang
  6. BPN Prov Sumsel : 3 orang
  7. Kesbangpol Prov Sumsel : 5 orang
  8. Kesbangpol Kota Palembang : 4 orang
  9. BKPSDM Kota Palembang : 5 orang
  10. Disdukcapil Kota Palembang : 4 orang
  11. Dinas Sosial Kota Palembang : 4 orang
  12. Kecamatan Seberang Ulu I : 4 orang
  13. Kecamatan Sako : 5 orang
  14. Kecamatan Sematang Borang (KKN) : 5 orang

(Sumber Data : Prodi Ilmu Pemerintahan Universitas IGM)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed