by

Tingkatkan SDM Lewat Literasi, Perpusnas Jalin Kerjasama dengan Kemendikbudristek – dan 10 Kampus, Salah Satunya Universitas Indo Global Mandiri

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menandatangani naskah kerjasama (MoU) dengan 11 Perguruan tinggi, di Jakarta, Jumat (07/07/2023)

Ke sebelas perguruan tinggi tersebut adalah Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia, Universitas Indo Global Mandiri, Akademi Bakti Kemanusiaan PMI, Politeknik Negeri Bali, Universitas Muhammadiyah Bandung, Institut Agama Islam Yasni Muara Bungo, Universitas Muhammadiyah Makassar, Universitas Nahdatul Ulama Yogyakarta, Institut Teknologi dan Bisnis Indobaru Nasional, STIKES RSPAD Gatot Subroto, dan IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando mengatakan, Perpusnas telah menandatangani MoU dengan sejumlah perguruan tinggi (PT).

“Ini merupakan bagian upaya kerja keras kita dalam meningkatkan SDM. Upaya kami untuk support kualitas pendidikan sampai ke masyarakat Kami telah upayakan dengan sebaik-baiknya,” ujar Syarif Bando

Ia menambahkan, ada beberapa keterbatasan yang dihadapi sepertiKurangnya sumber bahan bacaan.

“Ada yang bilang, budaya baca orang Indonesia rendah. Ini tidak benar. Yang ada bukunya yang kurang. Perpustakaan keliling selalu dikerubuti anak-anak. Ini menandakan mereka butuh buku-buku bacaan,” papar Syarif Bando.

Oleh sebab itu, dia mengharapkan civitas akademika melahirkan banyak buku. Sayangnya, civitas akademi juga terbatas pada regulasi. Menurutnya, civitas akademi bisa membuat buku- buku terapan.

Ia menambahkan, pada kurikulum merdeka, mulai dipikirkan materi pembelajaran berbasis sumber daya alam (SDA). (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed