by

Universitas IGM Gagas Webinar Daring bertajuk Peran Media dalam Perspektif Budaya Digital

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Webinar Daring bertajuk Peran Media Sosial dalam perspektif budaya digital mengajak mahasiswa Universitas Indo Global Mandiri untuk lebih selektif dan bijak dalam menggunakan media sosial itu sendiri.

Dosen Ilmu Pemerintahan Universitas IGM, Isabella, S.IP, M.Si didapuk sebagai narasumber webinar tersebut.

Dalam paparannya, Isabella mengatakan jika kehadiran teknologi yang berkembang pesat di masyarakat serta menghadapi era disrupsi teknologi. Untuk menghadapi era tersebut, pemerintah beserta seluruh lapisan masyarakat harus mempercepat kerja sama dalam mewujudkan agenda transformasi digital Indonesia.

“Literasi digital merupakan kunci dan pondasi utama yang harus dimiliki oleh setiap lapisan masyarakat. Pemerintah dalam hal ini, Kemenkominfo dengan Siberkreasi berkomitmen untuk melakukan upaya meningkatkan literasi digital masyarakat melalui berbagai macam kegiatan dengan tujuan memfasilitasi serta mendorong terwujudnya masyarakat digital Indonesia,” katanya.

Ia juga mengatakan, kekuatan media digital mampu membentuk budaya populer yang dapat mempengaruhi kehidupan sehari-hari, mengubah budaya asli, terkhusus dalam dampak penyebaran budaya populer oleh media digital.

Mahasiswa sebagai generasi muda, lanjutnya, mahasiswa harus selektif memilih budaya dari luar yang masuk melalui media digital dengan mengambil kebudayaan-kebudayaan yang sesuai dengan kebudayaan lokal.

“Salah satunya dengan memblokir konten-konten berbahaya yang tidak sesuai dengan budaya Indonesia, yang dapat merusak
pemikiran/memecah belah persatuan/prokokasi; Menjaga komunikasi untuk membuka dialog atau sharing antar anggota keluarga, komunitas, lingkungan sekitar kita; serta Merancang agenda positif di luar rumah yang berhubungan dengan kegiatan edukatif yang menyenangkan dengan kemasan berwisata, dan aktivitas positif lainnya,” paparnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed