by

Universitas IGM Gandeng LPPEKKA Gagas Pembinaan UMKM Non Produktif menjadi Kreatif dan Berdaya Jual

IGMTVnews.com, PALEMBANG – Geliat Perekonomian masyarakat Sumatera Selatan, khususnya Kota Palembang menjadi fokus utama Universitas Indo Global Mandiri.

Dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Universitas Indo Global Mandiri merangkul para pegiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis kemitraan untuk lebih memperkaya skill dan produk yang dihasilnya menjadi bernilai jual.

Salah satunya dengan mengajak Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Perempuan Kepala Keluarga (LPPEKKA), Yayasan Masjid Agung Palembang yang juga fokus terhadap UMKM Perajin Kain Tenung Songket dan Kain Jumputan.

Ketua Tim PKM Universitas Indo Global Mandiri Dr Herri Setiawan, M.Kom mengatakan, Program Pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Kemitraan ini merupakan program yang ditujukan kepada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memenuhi persyaratan untuk melakukan pembinaan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam rangka mendorong terjadinya kerjasama yang saling menguntungkan dan berkelanjutan antara pihak perguruan tinggi dengan mitra.

“Untuk PKM kita ini fokus terhadap sejumlah hal, mulai dari Pelatihan Digital Marketing (Lisnawati, SE, M.Si), Pelatihan Manajemen Keuangan (Akhmad Ghozali, SE, MM), Pelatihan Branding (M Iqbal Zaidan Al Farid, S.Sn), Pelatihan Pengemasan Produk (Galang Salbillah, S.Sn), Pelatihan Foto dan Video Produk (Farid Eko Saputra, S.Sn)serta Pelatihan Pewarna Alam Kain dan Benang (Jami dan M Sidiq),” kata Herri.

Ia mengatakan, dengan sejumlah program yang telah disiapkan, diharap mitra Universitas IGM dapat meningkatkan keterampilan untuk melakukan pengelolaan terhadap bahan alam, lebih melek terhadap inovasi produk mulai dari branding, kemasan, dan identitas brand visual.

“Selain itu, juga dorong bagaimana strateginya untuk memajemen keuangan UMKM mereka. Jika semuanya benar benar diterapkan, dapat menjadi sumber pendapatan bagi para wirausahawan UMKM di Kota Palembang,” kata dia.

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan bantuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Program Pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Kemitraan merupakan program yang ditujukan kepada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memenuhi persyaratan untuk melakukan pembinaan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam rangka mendorong terjadinya kerjasama yang saling menguntungkan dan berkelanjutan antara pihak perguruan tinggi dengan mitra. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed