by

LPM Roeang Suara Universitas IGM Ambil Bagian dalam Jejaring Just Journalist Sumsel

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Roeang Suara Universitas Indo Global Mandiri ambil bagian dalam “Jejaring Just Journalist (Jurnalis Berkeadilan) Sumatera Selatan (Sumsel).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Palembang bersama Institute for Essential Services Reform (IESR), dan Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) ini bertujuan membangun kesadaran publik tentang transisi energi lewat karya jurnalistik berkualitas. Acara tersebut berlangsung di Guns Cafe Palembang, Selasa (20/2/2024).

Ketua AJI Palembang, M Fajar Wiko mengatakan jurnalis yang tergabung dalam Jejaring Just Journalist Sumsel dapat membentuk opini publik mengenai transisi energi, mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam meliput isu-isu kompleks terkait energi terbarukan, serta mengidentifikasi dampak ekonomi, sosial dan lingkungan dari program transisi energi secara efektif untuk mengkomunikasikan kepada masyarakat. Saat ini, bagi sebagian besar jurnalis pun, masih banyak istilah-istilah yang asing dalam isu transisi energi. Hal tersebut mempengaruhi konsen jurnalis terhadap isu energi tersebut.

“Oleh karena itu, AJI Palembang menginisiasi Jejaring Just Jurnalist Sumsel untuk berbagi informasi terkait lingkungan, khsusnya transisi energi dengan dukungan akademisi, NGO, dan pemerintah, sehingga porsi pemberitaan isu energi menjadi lebih sering diulas,” ujar Fajar Wiko.

Wakil Pimpinan Redaksi Tribun Sumsel Prawira Maulana berujar, saat ini pemberitaan terkait lingkungan, khususnya transisi energi masih belum baik. Pembentukan Jejaring Just Jurnalis Energi Sumsel ini diharapkan menjadi makanan baru bagi jurnalis di Palembang, Sumsel.

“Kebanyakan yang melakukan pemberitaan terkait isu lingkungan di Sumsel saat ini adalah media nasional, itupun bukan konsen utama, hanya me-mention mungkin dalam satu kali sebulan. Mungkin ini jadi salah satu titik yang baik, bagaimana media lokal mulai aware. Diharapkan dilanjutkan menjadi hal yang lebih konkret,” pungkasnya. (andhiko tungga alam/rel)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed