by

Tingkatkan Kesadaran Bela Negara, Danrem 044/Gapo Beri Kuliah Umum Mahasiswa Universitas Indo Global Mandiri

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Komandan Korem (Danrem) 044/Gapo, Brigjen TNI Muhammad Thohir SSos MM memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Universitas Indo Global Mandiri, di Aula Gedung B Lantai 3 Universitas IGM, Jumat (23/2/2024).

Kegiatan yang bertemakan “Membangun Indentitas Nasionalisme, Peran Generasi Muda Dalam Memperkokoh Kebangsaan” ini digelar untuk memperdalam rasa kebangsaan sebagai warga negara Indonesia.

“Sebagai generasi muda penerus perjuangan bangsa, kita pantas melanjutkan perjuangan yang sudah senior-senior kita ataupun nenek moyang kita lakukan. Apakah kita siap bekerja keras dengan bentuk karya-karya nyata ataukah kita hanya akan menjadi beban bangsa,” kata Danrem.

Danrem menjelaskan kepada mahasiswa, UUD 1945 Pasal 30 ayat (1 & 2) yang berisikan hak dan kewajiban warga negara untuk ikut serta dalam pembelaan negara. “Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) oleh TNI dan Kepolisian Negara RI sebagai kekuatan utama dan rakyat sebagai kekuatan pendukung,” katanya.

“Sishankamrata merupakan sistem pertahanan dan keamanan yang bersifat semesta, melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya, dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, dan berlanjut untuk mewujudkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman dan gangguan yang bercirikan kerakyatan, kesemestaan dan kewilayahan,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed