by

Mahasiswa Diajak Menyampaikan Pesan Komunikasi melalui Media Poster

IGMTVnews.com, PALEMBANG —- Poster mampu menjadi sebuah media visual yang mampu menyampaikan pesan kepada penerima atau pun pembacanya.

Hal itu yang ditekankan oleh Dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) FIPB Universitas Indo Global Mandiri (IGM), E Edo Pratama Putra, M.Sn sebagai narasumber dalam sebuah Workshop Pembuatan Poster dengan Desain Kreatif yang dipusatkan di Aula Lantai III Kampus Sudirman, Jumat (10/12/2021).

Dalam workshop yang dihadiri mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE) UIGM tersebut, mengulas tentang poster sebagai media komunikasi agar target sasaran dapat membaca, memahami dan melakukan sesuatu sesuai dengan pesan yang disampaikan dalam sebuah poster.

Menurut Edo, ada berbagai macam jenis poster, mulai dari, poster komersial, poster kegiatan, poster promosi, poster pendidikan, poster layanan masyarakat, poster propagana, postr kampanye, poster film, poster art, poster wisata, poster kuliner dan jenis lainnya.

“Untuk menentukan sebuah poster apakah menarik atau tidak, kita harus menentukan ide besarnya (Big Idea) seperti apa. Setelah kita temukan, siapkan strategi atau tujuan dari poster tersebut,” katanya.

Agar lebih kreatif dan menarik, lanjutnya poster tersebut harus memiliki kejelasan komunikasi, ekspersi gaya, desainnya seperti apa , daya ganggu, alur baca dan teknik visualisikan.

“Banyak pesan yang bisa disampaikan di dalam sebuah poster. Semakin kuat kita memberikan polesan dan gambaran, maka pesan yang disampaikan kepada masyarakat juga kian jelas dan tersampaikan,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed