by

Platform Portal WebGIS DPKUKM UIGM – ESRI Indonesia Antar Banyuasin Raih Top Digital Awards 2021

IGMTVnews.com, PALEMBANG —- Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan meraih Top Digital Award Level Bintang 4 atas Sistem Basis Data Pemulihan Ekonomi Kerakyatan, Industri dan Koperasi Banyuasin (SeBalik) dari Majalah IT Work.

Sistem basis data ini merupakan portal WebGIS DPKUKM Banyuasin yang dibangun dengan platform ESRI hasil kerja sama dengan GeoSPACE Research Centre Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) Portal ini dibangun terdiri atas 3 bagian besar antara lain Web Map Services (WMS), Aplikasi Desktop (dapur pemrosesan) dan Aplikasi Web dan Mobile. Portal berperan sebagai hub yang menghubungkan fungsi ketiganya.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kab. Banyuasin, Ir. Erwin Ibrahin, ST, MM, MBA, dengan adanya sistem basis data yang dikembangkan tahun 2021 ini, pihaknya turut membantu pemerintah dalam program pemulihan ekonomi daerah.

“Sistem basis data SeBalik ini kami ambil dari salah satu desa di Kabupaten Banyuasin, namanya Sebalik. Jadi ini sebagai platform basis data yang bisa digunakan oleh pemerintah daerah dalam mengambil kebijakan yang tepat dalam menggenjot perekonomian di sini. Dan terbukti berhasil. Di saat daerah lain masih banyak yang terkontraksi, perekonomian kami sudah bertumbuh di tahun ini,” paparnya.

Paparan Erwin ini disampaikan dalam sesi wawancara penjurian TOP Digital Awards 2021 yang digelar Majalah IT Work. Proses penjurian sendiri dilakukan secara virtual oleh juri-juri yang kompeten di bidangnya, pada Selasa (26/10/2021). Dinas PKUKM Kabupaten Banyuasin sendiri menjadi salah satu peserta yang terpilih dalam proses penjurian TOP Digital Awards di tahun 2021 ini.

“Web Map Service ini dimanfaatkan sebagai sumber data dasar geospasial, Aplikasi Desktop dimanfaatkan sebagai wadah manajemen data dan Aplikasi web dan Mobile dimanfaatkan sebagai layanan atau wadah untuk penyebarluasan informasi, controlling, analisis dan pengambilan keputusan,” jelasnya.

Menurutnya, webGIS yang disusun berperan sebagai Portal yang diakses oleh client/pengguna dan didukung dengan ketersediaan data dan informasi dari Geodatabase melalui Hosting Server.

“Jadi melalui WebGIS yang terbangun, memungkinkan kegiatan berbagi pakai data dan informasi koperasi, UKM, IKM, pasar dan perdagangan dengan mudah untuk berbagai kegiatan seperti pengaturan dan pembaharuan data, berbagai data dan informasi, serta monitoring dan evaluasi (analisis, pemodelan dan ekplorasi data,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed