by

Universitas IGM Gelar Sosialisasi Program Prioritas Riset dan Inovasi bersama BRIN

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof Marsudi Wahyu Kisworo, IPU menyebut jika perguruan tinggi harus menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi bangsa dan negara Indonesia.

Dalam sosialisasi Program Prioritas Riset dan Inovasi bersama BRIN di Aula Lantai III Kampus Sudirman Universitas Indo Global Mandiri (IGM), Jumat (7/10/2022), Prof Marsudi Wahyu Kisworo, IPU mengajak dosen dosen di lingkungan Universitas IGM untuk fokus menghasilkan sebuah penelitian yang bermanfaat bagi masyarakat banyak.

“Jangan terpaku pada jurnal jurnal internasional. Meski penting, tapi kalau terlalu fokus pada jurnal, nantinya dosen di lembaga tinggi akan berorientasi pada jurnal tersebut saja. Padahal, banyak sekali inovasi yang harus dikembangkan dan berguna bagi Indonesia ,” jelasnya.

Menurutnya, dosen jangan terlalu sibuk untuk meningkatkan publikasi tapi belum memiliki tujuan yang sempurna dan manfaatnya bagi bangsa.

Marsudi menyebut pada 2054, Indonesia akan menjadi negara maju dan kaya. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia dan transformasi ekonomi akan memberi landasan kokoh untuk merealisasikan hal tersebut.

“Jangan sampai kita kehilangan momen. Kita perlu untuk terus inovasi bagi kita sendiri, di Indonesia sendiri,” katanya.

Ia juga mengatakan, dengan keterlibatan perguruan tinggi, sebagai upaya bersama menumbuhkan kegiatan riset dan inovasi di Indonesia. Di sisi lain sinergi antar berbagai lembaga penelitian di Kementerian/Lembaga (K/L) perlu untuk diidentifikasi agar akselerasi dapat berjalan dengan baik. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed