by

Lomba Perpustakaan Terbaik, Kasek SMA LTI IGM : Kita Bangga Bisa Sejajar dengan Sekolah Unggulan di Sumsel

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– SMA LTI Indo Global Mandiri masuk dalam empat besar sekolah yang memiliki perpustakaan terbaik di sekolah tingkat Sumatera Selatan.

Menurut Kepala SMA LTI IGM, H Hadi Wijaya, S.Pd, meski SMA LTI IGM masih perdana mengikuti ajang bergengsi tersebut, namun dirinya menganggap perolehan Juara Harapan I seperti Juara Terbaik I mengingat masa dan usia perpustakaan sekolah pemenang adalah sekolah-sekolah lama, senior, unggul dan menjadi andalan sekolah pemerintah di wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

“Apalagi SMA LTI IGM baru saja berhasil mendapatkan nilai akreditasi perpustakaan dengan nilai A. Inilah buah perjuangan yang dilakukan seluruh tim dan keluarga besar SMA LTI IGM,” kata Hadi kepada IGMTVnews.com, Kamis (8/6/2023).

Meski demikian, SMA LTI IGM akan tetap menjalankan sejumlah persiapan untuk bisa meraih peringkat terbaik di antara seluruh sekolah di Sumatera Selatan.

“Akan kita lengkapi jumlah koleksi buku, tata letak dan tata ruang, digitalisasi, serta mengubah fungsi perpustakaan dari yang monoton sebagai sumber ilmu menjadi fungsi rekreasi dan pusat kegiatan warga sekolah, serta hal lain yang memang menjadi tuntutan standar sebuah perpustakaan berstandar nasional,” tegasnya.

Asisten I Pemerintahan Bidang Kesra Setda Sumsel Drs H Edward Candra, M.H mengatakan perpustakaan merupakan sumber informasi, pengembangan ilmu, teknologi, dan tempat pelestarian nilai-nilai budaya bangsa dalam rangka memfasilitasi pembentukan sumber daya manusia di era digital sekarang saat ini.

Saat ini, Pemprov Sumsel kian berupaya memajukan dunia literasi melalui berbagai kegiatan pembudayaan kegemaran membaca yang ditujukan untuk masyarakat dengan cara memfasilitasi tempat baca, distribusi buku, menggelar acara yang bertemakan literasi, serta melaksanakan sinergi dengan berbagai pihak.

“Langkah ini diambil mengingat masyarakat Indonesia membutuhkan keteladanan atau rolemodel, dan ke semua ini membutuhkan strategi promosi pengembangan pembudayaan kegemaran membaca yang efektif dan mudah diterima masyarakat,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed