by

Mengintip Serunya Perpustakaan Universitas Indo Global Mandiri, Sumber Inspirasi Mahasiswa untuk Berliterasi

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Istilah lama pernah menyebut jika ingin mengetahui sebesar apa minat baca masyarakat di suatu negara kunjungilah perpustakaannya. Pun demikian, untuk mengetahui budaya membaca mahasiswa di sebuah lembaga tinggi perkuliahan maka lihatlah perpustakaannya.

Perpustakaan Universitas Indo Global Mandiri menjadi salah satu perpustakaan kampus favorit di Sumatera Selatan. Perpustakaan yang berada di Gedung C Kampus Sudirman ini telah melakukan sejumlah terobosan untuk menumbuhkan minat baca bagi para pengunjungnya.

Hasilnya, setiap hari mahasiswa yang berkunjung ke perpustakaan berjumlah ratusan. Terkadang mereka hanya membaca-baca, terkadang juga meminjam buku untuk dibaca di kelas atau dibawa pulang.

“Kita ingin menjadikan perpustakaan sebagai pusat informasi yang berbasiskan teknologi informasi sarana mencerdaskan civitas akademik sekaligus memberikan layanan informasi secara mudah, cepat, dan tepat untuk keperluan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat,” kata Staf Perpustakaan, Maria Asmery.

Koleksi buku di perpustakaan Universitas IGM ini mencapai 10.831 judul buku dan 13.674 eksemplar. Tak kurang dari 2.000 buku selalu keluar masuk untuk dipinjam oleh anggota. Banyak koleksi buku ini membuat pengunjung kian antusias untuk membaca.

Maria menambahkan. mengatakan, perpustakaan kampus buka setiap Senin-Jumat, kecuali hari libur dan hari besar nasional.

Untuk fasilitas perpustakaan, para pengunjung akan dimanjakan dengan ruang baca yang luas, dilengkapi dengan meja dan kursi yang nyaman pula. Di depan pintu masuk juga disediakan rak sepatu dan loker penyimpanan barang.

Jika ingin mencari buku yang diinginkan tanpa harus keliling rak buku, pengunjung juka bisa langsung mencarinya melalui Online Public Access Catalog (OPAC) sistem katalog online yang dapat diakses secara daring, akses WIFI, Komputer E-Karya Ilmiah Bank Indonesia Corner, Ruang penyimpanan koleksi, serta toilet tentunya.

Untuk menjadi anggota perpustakaan, lanjut Maria, cukup mudah dengan mendaftar langsung ke Perpustakaan Universitas IGM. “Untuk mahasiswa maksimal 2 eksemplar dalam 3 hari sedangkan dosen Dosen 5 eksemplar dalam 1 semester dan Karyawan 5 eksemplar dalam 14 hari. Koleksi yang dapat dipinjam adalah buku teks. Untuk koleksi referensi, karya ilmiah dan terbitan berseri hanya boleh dibaca di tempat. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed