by

PKM Universiti Teknologi Mara (UITM) Malaysia ke Universitas IGM, Lirik Budaya Songket di Palembang

IGMTvnews.com, PALEMBANG —– Universiti Teknologi Mara (UITM) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan Universitas Indo Global Mandiri (IGM) dimulai 10 – 14 September mendatang.

UITM sendiri menyatakan minatnya untuk melakukan penelitian terhadap budaya khas daerah Sumsel khususnya Kain Songket. Profesor Muda, Kolej Pengajian Seni Kreati sekaligus Ketua Lawatan dan Projek UITM,  Prof Madya Dr Arba’iyah Ab Aziz mengatakan, kedatangannya ke Universitas IGM untuk menindaklanjuti kerjasama lanjutan yang sebelumnya dilakukan.

UiTM dan Universitas IGM, lanjutnya diakui memiliki sejumlah kesamaan, terutama dalam hal pengembangan budaya daerah.

“Kami (UiTM) mendapatkan informasi jika Palembang memiliki sebuah kain tradisional yang sudah mendunia, yakni Kain Songket. Kami ingin memperdalam lagi khasanah budaya tersebut dengan melakukan riset serta penelitian,” ujarnya.

Ia berharap, kerjasama antara UIGM dan UiTM Malaysia dapat terus terjalin di masa mendatang. “Apalagi UIGM merupakan lembaga yang sudah diperhitungkan di Impact Rangkings,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Biro Humas dan Promosi Universitas IGM, Dr Hj Tien Yustini, S.E., M.Si mengatakan, kerjasama yang dilakukan ini untuk mempelajari budaya dengan melakukan riset dan penelitian.

“Salah satunya songket. Mereka sangat takjub dengan kain khas tradisional kita yang memiliki karakteristik daerah Sumsel,” katanya. Menurut Tien, jalinan kerjasama ini akan terus berlanjut dengan kesepakatan lainnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed