by

PKM Universitas IGM; Bina UMKM Non Produktif menjadi Kreatif dan berdaya Jual Tinggi

IGMTVnews.com, PALEMBANG – Universitas Indo Global Mandiri (IGM) kian merangkul masyarakat Sumatera Selatan untuk pengembangan serta pembinaan usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis Kemitraan.

Sejumlah mitra pun digandeng mulai dari Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Perempuan Kepala Keluarga (LPPEKKA), Yayasan Masjid Agung Palembang yang juga fokus terhadap UMKM Perajin Kain Tenung Songket dan Kain Jumputan.

Dekan Fakultas Ilmu Pemerintahan dan Budaya (FIPB) Universitas Indo Global Mandiri, Aji Windu Viatra, S.Sn, M.Sn mengatakan, Program Pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Berbasis Kemitraan ini merupakan program yang ditujukan kepada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memenuhi persyaratan untuk melakukan pembinaan kepada Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam rangka mendorong terjadinya kerjasama yang saling menguntungkan dan berkelanjutan antara pihak perguruan tinggi dengan mitra.

“Untuk PKM kita ini fokus terhadap sejumlah hal, mulai dari Pelatihan Digital Marketing, Pelatihan Manajemen Keuangan, Pelatihan Branding, Pelatihan Pengemasan Produk, Pelatihan Foto dan Video Produk serta Pelatihan Pewarna Alam Kain dan Benang,” kata Aji.

Aji mengatakan, dengan sejumlah program yang telah disiapkan, diharap mitra Universitas IGM dapat meningkatkan keterampilan untuk melakukan pengelolaan terhadap bahan alam, lebih melek terhadap inovasi produk mulai dari branding, kemasan, dan identitas brand visual.

Ia juga mengatakan, dalam PKM ini juga peserta diajarkan praktik bagaimana memberikan warna terhadap songket melalui pewarna alam dan kain jumputan.

“Selain itu, juga dorong bagaimana strateginya untuk memajemen keuangan UMKM mereka. Jika semuanya benar benar diterapkan, dapat menjadi sumber pendapatan bagi para wirausahawan UMKM di Kota Palembang,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed