by

Mengintip Museum Al-Quran Al-Akbar, Wisata Religi di Palembang yang Disambangi Salah Satu Capres

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Wisata religi museum Al-Quran Al-Akbar menjadi salah satu lokasi kunjungan Prabowo Subianto saat datang ke Palembang pada Selasa (9/1/2024) silam.

Kehadiran Menteri Pertahanan tersebut guna memenuhi jadwal blusukan sebagai calon presiden (capres) 2024. Kedatangannya dimanfaatkan oleh masyarakat Palembang sebagai kesempatan untuk melihat secara langsung. Sehingga, banyak dari mereka yang datang ke Museum Al-Quran Al-Akbar untuk menyambut Prabowo Subianto.

Museum Al-Quran Al-Akbar dikenal sebagai wisata religi dengan pesona kitab suci umat Islam terbesar di dunia. Wisata religi ini dikenal juga dengan nama Museum Bayt Al-Quran Al-Akbar yang berarti tempat wisata Al-Quran raksasa. Lokasi Al-Quran Al-Akbar berada di Jalan M. AMin Fauzi, Soak Bujang, Kelurahan Gandus, Kecamatan Gandus. Tepatnya di kawasan pondok pesantren Al Ihsaniyah Gandus Palembang.

Sama seperti museum pada umumnya, Bayt Al-Quran Al-Akbar menyuguhkan keindahan yang membuat pengunjung terpana. Apalagi kalau bukan Al-Quran 30 juz yang dipahat atau diukir pada lembar kayu tembesu.

Tercatat sekitar 40 meter kubik kayu dihabiskan untuk membuat ukiran dan biaya yang dikeluarkan kurang lebih Rp 2 Miliar. Setiap lembar ukiran memiliki ukuran 177 x 140 x 2,5 cm dengan ketebalan seluruhnya termasuk penutup mencapai 9 meter.

Asal-usul Museum Al-Quran Al-Akbar
Berdasarkan buku Ensiklopedia Seni, Budaya, dan Pariwisata Kota Palembang karya Syarifuddin dkk, Museum Al-Quran Al-Akbar dicetuskan pada tahun 2002. Ide awal muncul setelah Ustaz Syofwatillah Mohzaib menyelesaikan pemasangan kaligrafi, pintu dan ornamen Masjid Agung Palembang.

Sejak saat itu, sejumlah tokoh agama berkumpul untuk merealisasikannya. Ternyata progres pembuatannya membutuhkan waktu kurang lebih 7 tahun usai ide muncul. Tepatnya pada tahun 2008, Al-Quran raksasa ini berhasil dirampungkan.

Keunikan Museum Al-Quran Akbar
Melansir dari jurnal Aspek-aspek Estetika Ukiran Kayu Khas Palembang Pada Al-Quran Al-Akbar karya Husni Mubarat dan Heri Iswandi, keunikan wisata religi ini terletak pada mushaf atau lembaran ayat suci yang diukir di atas kayu tembesu terdapat 630 halaman.

Selain itu, ukiran Al-Quran raksasa ini dilengkapi dengan tajwid atau tanda baca dan doa khataman (selesai baca Al-Quran) untuk pemula. Sehingga memudahkan bagi siapapun yang datang untuk berdoa setelah baca Al-Quran.

Keunikan tersebut membuat wisata religi Al-Quran Al-Akbar dinyatakan sebagai seni ukiran kayu kaligrafi Islam terbesar di dunia dalam bentuk 30 juz. Hal itu berlandaskan pada pengakuan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) serta parlemen negara-negara Islam.

Tak hanya itu, Al-Quran Al-Akbar mendapat pengakuan dari qori dan qoriah peserta MTQ Internasional ketika melakukan kunjungan. Mereka takjub dan kagum dengan keunikan serta kreativitas umat Islam di Kota Palembang sehingga karya raksasa ini menjadi satu-satunya di dunia.

Fasilitas di Museum Al-Quran Al-Akbar
Ketika berkunjung ke wisata religi ini, tersedia beberapa fasilitas utama dan pelengkap bagi siapapun yang datang. Berikut ini ulasannya.

1. Bioskop mini yang menjadi salah satu ciri khas wisata religi ini. Fasilitas bioskop mini akan menayangkan video bukti kebenaran Al-Quran, keajaibannya, film Islami, sejarah Nabi dan Rasul, perkembangan Islam dan lainnya.

2. Tersedia spot foto Instagramable seperti 3D Masjidil Haram, Nabawi, Al-Aqso dan bangunan bersejarah Islam di dunia.

3. Singgahsana atau pelaminan Kerajaan Sriwijaya.

4. Tempat membaca atau tadarus Al-Quran.

5. Wahana bermain dan edukasi untuk anak.

6. Galeri, butik songket dan toko cinderamata.

7. Wisata kuliner.

8. Masjid, toilet dan tempat istirahat yang bersih dan nyaman.

Untuk mengunjungi wisata religi ini dikenakan biaya masuk sebesar Rp 15.000 anak-anak dan Rp 20.000 orang dewasa. Pengunjung bisa datang setiap hari pukul 09.00-17.00 WIB. (andhiko tungga alam/dtc)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed