by

Peringatan Bulan K3 Nasional Universitas Indo Global Mandiri; Penguatan SDM Unggul dan Berbudaya K3 di Bidang Kesehatan

IGMTVnews.com, PALEMBANG —–Universitas Indo Global Mandiri melalui Program Studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) menggagas seminar Bulan K3 Nasional.

Dalam paparannya, pembangunan kesehatan penting dilakukan sebagai upaya yang dilakukan oleh semua komponen bangsa dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan untuk hidup sehat. Tak hanya itu, hasil kajian WHO menunjukkan bahaya di tempat kerja merupakan penyebab atau memberikan kontribusi bagi kematian dini jutaan orang di seluruh dunia serta kecacatan dan penyakit bagi ratusan orang setiap tahunnya.

“Potensi masalah kesehatan pada pekerja cukup besar, yakni pekerja dapat mengalami kecelakaan kerja PAK, hingga penyakit menular dan penyakti tidak menular,” ujarnya.

 

Sementara, Wakil Rektor III Universitas Indo Global Mandiri, Prof Erry Yulian T Adesta, Ph.D mengatakan, K3 merupakan salah satu aspek penting dalam perlindungan tenaga kerja dan merupakan hak dasar dari setiap tenaga kerja. Sangat penting menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat, sehingga dapat menghindari terjadinya kecelakaan atau penyakit akibat kerja yang tentunya bisa berdampak pada demotivasi dalam bekerja ataupun penurunan produktivitas.

“Keselamatan tidak terlepas dari kesehatan. Orang yang sehat akan memperhatikan
keselamatan dengan lebih baik. Keselamatan di tempat kerja, didukung oleh keselamatan di rumah. Karena itu, sangat penting untuk menjaga keselamatan baik di rumah maupun tempat kerja secara komprehensif,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed