by

Seminar Ekonomi Syariah STEBIS Indo Global Mandiri, Go Digital : Pengembangan UMKM Industri Halal

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis dan Syariah (STEBIS) Indo Global Mandiri (IGM) menggagas seminar ekonomi syariah bertajuk Go Digital : Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Industri Halal, Kamis (11/8/2022).

Dalam Seminar tersebut, Jaksekretaris JPH BPJPH Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, Drs H Yauza Ependi, M.PD.i; Dosen STEBIS IGM, Dr Waldy Nopriansyah, M.S.i dan Mohammad Faizal, S.Sos, M.H.I.

Ketua STEBIS IGM, H Chandra Satria, SE, M,S.i menilai jika saat ini industri teknologi digital sudah mulai merambah untuk pengembangan UMKM di Indonesia. Hal ini juga mengikuti industri halal bagi para pelaku usaha ekonomi.

“Sejak dini, mahasiswa STEBIS IGM harus menjadi bagian dari pelaku usaha dimasa datang dan sukses juga untuk orang lain. Mahasiswa harus punya usaha dan harus bisa mengembang usahanya tersebut secara mandiri,” kata Chandra saat membuka seminar.

Dengan seminar yang dihadiri oleh sejumlah narasumber berkompeten, ia berharap dapat memotivasi mahasiswa STEBIS IGM untuk memiliki pola pikir yang baik di masa yang akan datang.

Sementara, Jaksekretaris JPH BPJPH Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, Drs H Yauza Ependi, M.PD.i memaparkan bagaimana kolaborasi menuju Indonesia sebagai Pusat Halal Dunia.

Dalam paparannya, Indonesia Berpotensi Menjadi Produsen Industri Halal Dunia Nomor 1 Dalam Kategori Makan dan Minuman. Indonesia menjadi negara dengan populasi muslim terbesar di dunia dengan jumlah populasi lebih dari 200 juta penduduk muslim atau Indonesia menyumbang 12,7 persen populasi muslim di dunia. Secara statistik, jumlah penduduk muslim di Indonesia mencapai 86,88% dan paling besar populasi penduduknya di antara penduduk dengan pemeluk agama/ kepercayaan lain di Indonesia.

Untuk itu, lanjutnya, saat ini pemerintah tengah mengitegrasikan sistem informasi pencatatan produk halal. BPJPH melakukan sinergi dengan Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten/ Kota melalui, audiensi serta Public Hearing untuk mendorong penguatan kerjasama Pemerintah Pusat dan Daerah lewat partisipasi fasilitasi sertifikasi halal bagi UMK. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed