by

Pengukuhan APTISI Wilayah II Sumsel – Babel, Diharap Hasilkan SDM Berdaya Saing di Masyarakat

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Gubernur Sumsel H. Herman Deru menghadiri Pelantikan dan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah II A Sumatera Selatan Bangka Belitung “Sinergitas APTISI dan Pemprov Sumsel Dalam Memajukan Pendidikan Tinggi Yang Berdaya saing”, di Auditorium Graha Bina Praja, Selasa (20/12/2022)

Herman Deru mengatakan peran APTISI di Sumsel begitu terasa terhadap bimbingan kepada Perguruan Tinggi untuk berbagai gelar. Hal ini terbukti bahwa Alumni dari Perguruan Tinggi Swasta (PTS) tidak kalah saing dengan alumni yang berasal Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

“Untuk itu, selanjutnya saya harapkan agar PTS yang ada dapat memberikan pendidikan khusus agar para mahasiswanya memiliki karakter siap saing. Melalui pendidikan non kurikuler. Karena di lapangan banyak juga ditemui SDM yang bekerja tidak sesuai pendidikannya, namun mumpuni dalam kerjanya,” ujarnya.

Di samping itu, dalam pelaksanaan rakerwil HD inginkan APTISI membedah mengenai pembedaan antara PTS dan PTN di masyarakat. Menurutnya, masyarakat perlu diliterasi bahwa kualitas alumni bukan diukur dari PTS atau PTN tempat mereka mengeyam pendidikan. Karena ada banyak juga ditemui SDM asal PTS yang sukses melebihi alumni PTN.

“Saya berpesan ke APTISI, untuk bagaimana cara mendidik mahasiswa dan mahasiswi yang siap berkompetisi di masyarakat setelah lulus,” katanya.

Ketua Panitia dan Rakerwil APTISI Wilayah II, Ir. Sudirman Teguh, mengatakan dalam kegiatan ini terdapat 98 anggota yang dikukuhkan. Semuanya terdiri atas 3 Perguruan Tinggi Swasta sebagai sarana pendidikan dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan SDM untuk membangun daerah. Setelah itu, juga akan dilakukan rakerwil untuk membahas dan menetapkan program kerja APTISI 2022-2026.

Turut hadir Ketua APTISI Wilayah II, Dr. Drs. H. M. Helmi, Kepala LL Dikti, Prof. Dr. Ishack Iskandar, Ketua Umum APTISI, M. Budi Jatmiko, dan Para Kepala OPD Sumsel. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed