by

PKM Universitas IGM, Sosialisasikan Aplikasi Satu Atap kepada Warga Desa Balian Makmur

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Universitas Indo Global Mandiri (IGM) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Balian Makmur, Kecamatan Mesuji Raya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan.

Tim yang terdiri dari Dr. Herri Setiawan, S.Kom., M.Kom; K.Ghazali S.Kom, M.Kom; dan Hendra Di Kesuma, M.Cs ini memberikan sosialisasi penerapan aplikasi Satu Atap bagi masyarakat setempat.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk pengelolaan data keuangan serta meningkatkan hasil pendapatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Anggota tim PKM Universitas IGM, Dr Herri Setiawan, mengatakan, kegiatan ini merupakan hibah insentif PKM dari Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi yang didapat Universitas Indo Global Mandiri yang diimplementasikan oleh tim PKM yang terdiri dari K Ghazali dan Hendra Di Kesuma.

Dalam kegiatan PKM ini, warga mendapatkan motivasi dan pelatihan tentang bagaimana penerapan aplikasi dalam pengolahan data pada BUMDes Makmur Bersama Desa Balian Makmur tersebut.

“BUMDes sempat memiliki potensi yang cukup baik. Terdapat bermacam macam jenis usaha. Namun belum memiliki aplikasi yang menunjang untuk pengolahan datanya,” ujarnya.

Aplikasi Satu Atap ini, lanjutnya, akan mengelola data dari tiap tiap unit usaha BUMDes itu sendiri. Ia menambahkan, kegiatan PKM yang dilakukan mendapatkan apresiasi yang baik dari kepala desa dan aparat setempat. Terlebih mereka mulai memahami pentingnya sebuah pengelolaan keuangan meski di tingkat desa. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed