by

Workshop Pendidikan, Warek III Universitas IGM Tekankan Realisasi Sekolah Sehat untuk Anak Indonesia Sehat, Cerdas, dan Berkarakter

IGMTVnews.com, PALEMBANG —– Sosialisasi untuk mewujudkan Sekolah Sehat kembali digaungkan kepada para tenaga pendidik di Sumatera Selatan. Kegiatan ini dibalut dalam sebuah Workshop Pendidikan Sekolah Sehat, Mewujudkan Anak Sehat, Cerdas, dan Berkarakter” yang diselenggarakan di Hotel Harper Palembang, beberapa waktu lalu.

Wakil Rektor III Universitas Indo Global Mandiri, Prof Erry Yulian T Adesta, Ph.D didapuk sebagai salah satu pembicara untuk meningkatkan efektivitas kebijakan pemerintah di bidang Pendidikan khususnya dalam hal peningkatan kualitas pembelajaran demi terwujudnya anak Indonesia Sehat, Cerdas danBerkarakter tersebut.

Acara yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah bersama Komisi X DPR-RI tersebut juga mendengarkan saran dan usulan dari tenaga pendidik yang bertugas di ruang lingkup Sumatera Selatan.

“Sebenarnya persoalan pendidikan di negara kita masih cukup banyak. Untuk itu, kita harus bisa mengubah pola pikir mengenai sistem pendidikan kita khususnya sekolah pada saat ini,” katanya.

Ia menilai, kesejahteraan guru guru masih sangat jauh jika dibandingkan dengan guru besar yang ada di sebuah lembaga perguruan tinggi. Idealnya, lanjut dia, guru guru di tingkat Sekolah Dasar (SD) harus mendapatkan perhatian yang lebih dari pemerintah.

“Minimal, prioritaskan. Tingkatan kesejahteraannya harus lebih tinggi dari seorang guru besar, karena guru di tingkat SD merupakan pondasi penting dalam hidup bagi seorang siswa didik,” paparnya.

Tak hanya itu, sekolah juga harus mampu menelaah serta menangkap bakat siswa didik tersebut.

“Saat ini yang terjadi, justru penilaian numeriklah yang menjadi standar bagi seorang siswa itu pintar atau tidak. Padahal, masing masing manusia, itu diciptakan dengan bakat dan kemampuan masing masing,” kata dia. Selain Warek III, dalam Workshop tersebut juga menghadirkan Prof Yuwono, Minhajul Ngabidin, dan Mustafa Kamal. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed