by

Workshop Research Proposal Clinic Buka Peluang Keberhasilan Dosen Lebih Besar

IGMTVnews.com, PALEMBANG —- Wakil Rektor III Universitas Indo Global Mandiri (IGM) Prof Erry Yulian T Adesta, Ph.D menegaskan, Workshop Research Proposal Clinic : Tips dan Tricks to Increase the Change of Succes in Getting External Research Funding ini ditujukan kepada seluruh dosen yang ada di ruang lingkup Kampus Universitas IGM.

Menurutnya, workshop ini akan membimbing setiap dosen agar memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk mendapatkan keberhasilan dalam proposal penelitian mereka.

Untuk narasumber yang diundang pun cukup berkompeten. Keduanya yakni Riza Muhida, Phd dan Muhammad Riza, Ph.D tengah menjalankan penelitian yang risetnya didanai oleh pihak eksternal dengan funding dana mencapai Rp800 juta.

“Saya optimis jika hal serupa bisa dilakukan oleh Dosen di lingkungan Universitas IGM. Saya ingin kedua narasumber itu melakukan sharing sesion agar dosen Universitas IGM mengetahui apa yang menjadi kuncinya yang ditanyakan oleh reviewer sehingga proposal memiliki kesempatan yang lebih besar,” papar dia saat memberikan pemaparan, Jumat (11/1/2022).

Ia mengatakan, jika ada dosen yang belum memiliki riset proposal, ia mengaku pernah mengalami hal yang sama. Namun, karena dibenturkan dengan pilihan apakah harus penelitian atau kontrak tidak diperpanjang, ia pun berupaya untuk survive agar bisa mendapatkan sesuatu yang lebih baik.

“Jadi memulai itu memang berat dan sulit, tapi kalau sudah kita jalani, akan menjadi passion bagi kita. Ini pengalaman pribadi saya saat belajar di Malaysia,” ujar Erry.

Setelah topik yang diangkat dipilih, lanjutnya, ada kemungkinan untuk bergabung dan riset ke luar negeri. “Bagi lembaga tentu sangat berpengaruh, sebab mendapatkan poin yang cukup tinggi untuk akreditasi.
Angka publikasi dan riset memegang peranan penting dalam akreditasi karena dalam bingkai tridarma perguruan tinggi,” pungkasnya. (andhiko tungga alam)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed